Minggu, 12 Desember 2021

Bunda Cermat, Anak sehat & Bahagia di Kampanye#KejuAsliCheck

Aisyah, keponakanku berusia 10 tahun dan suka banget makan makanan ringan. Hebatnya, ia masak sendiri camilannya. Ia jarang jajan sembarangan karena ibunya selalu menasehatinya agar makan makanan yang mengandung zat gizi seimbang. Akibat hobinya makan camilan dan larangan jajan sembarangan, Aisyah yang penurut ini pun berinisiatif membuat kreasi sajian cemilan seperti sosis, burger, roti lapis isi, singkong rebus, kroket kentang, sotang,  jasuke, dan perkedel di dapur ibunya. 8 menu sajian tersebut dicampur dengan topping keju favoritnya, yaitu Keju Cheddar Kraft 165gr yang biasa dibeli di Alfamart dengan harga Rp. 23.000.-

 Buat olahan dari Keju Cheddar Kraft

Meski masakannya dibuat ala-ala anak cabe rawit, jangan dikira klo buatannya itu tidak enak. So pasti lezat dong! Rekomendasi bundanya buat pake Keju Cheddar Kraft patut diacungi jempol. Bahan Keju Cheddar Kraft dipilih karena bikin rasa masakan makin lezat, rasa asin dari gurih keju yang khas bikin lembut di mulut, dan kandungan yang ada di keju bisa  buat hati senang. Lho kok senang? betul, betul, betul! Sabab keju yang terbuat dari olahan susu ini mengandung sumber asam amino tryptophan, sehingga bisa memproduksi serotonim, yakni zat kimia yang dapat merangsang otak melalui pesan yang didapat dari antarsel saraf otak. Tentunya, serat serotonim ini tidak hanya baik bagi daya ingat anak tapi juga dapat membuat mood jadi senang (sumber ini dilansir dari Hellosehat).

Anak usia seperti Aisyah memang sedang dimasa pertumbuhan. Ia butuh banyak asupan kandungan seperti Protein, Mineral, Kalsium, Lemak, Karbohidrat, dan Vitamin. Ragam makanan yang diolah dengan bahan baku bernutrisi sudah tentu harus sesuai Pedoman Gizi Seimbang (PGS) yang dikelurakan pada tahun 2014 oleh Kementerian Kesehatan RI. Asupan gizi yang beragam dan seimbang sesuai dengan kebutuhan anak mesti ada di hidangan makanan. Asupan dengan zat gizi yang baik bagi anak-anak harus diupayakan berdasarkan perhitungan Indeks Massa Tubuh per Usia (IMT/U) yang dimulai dari usia 5-18 tahun. Pengecekan ini bisa dilakukan di puskesmas terdekat.

Sering dengar keluhan para bunda klo anak susah makan sehingga asupan gizi seimbang ini kurang diperhatikan. Sebenarnya, masalah ini bisa diatasi dengan mudah, bunda dapat menyiasati anak dengan memberikan olahan susu seperti Keju Cheddar Kraft yang tepat dan berkualitas pada menu camilan si buah hati dan melihat komposisi bahan baku yang dimiliki Keju Cheddar Kraft lengkap dengan Calcimilk yang kaya akan protein, Vitamin D, dan kalsium.

Memilih Keju Cheddar Kraft juga haruslah tepat lho bunda. Maraknya olahan keju cheddar yang dibuat dari campuran tepung dan air ditemukan dipasaran sekarang, pasti bikin bunda khawatir klo-klo salah pilih. Sumber yang saya dapatkan dari kompas.com menunjukkan klo tidak semua keju pake bahan utama keju cheddar menggunakan susu sapi alami. Penelitian dari National Library of Medicine menyatakan bahwa susu merupakan kalsium penting untuk tumbuh kembang buah hati bunda, terutama kekuatan tulang. Jadi, harus diperhatikan keasliannya, dengan cara melihat nutrisi penting yang dibutuhkan oleh buah hati bunda yang biasanya disajikan di informasi produk keju seperti kandungan protein, Vitamin D, dan kalsium.

Melalui kampanye #KejuAsliCheck ini dan berdasarkan anjuran Dra. Indriemayatie Asri Gani, Apt sebagai Koordinator Pemberdayaan Masyarakat Konsumen (PMK) pada Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) No 31, KRAFT mengajak bunda agar cermat memilih produk keju cheddar yang tepat dan berkualitas. Caranya adalah dengan selalu mencermati label pangan dan komposisi utama (Kalsium, Protein, dan Vitamin D) sebelum membeli produk keju cheddar Kraft.

Agar terhindar dari produk palsu dan merugikan, langkah berikut bisa digunakan saat membeli produk Keju Cheddar Kraft ya bunda:  

  • Pertama-tama, pastikan bunda melihat keaslian produk Keju Cheddar Kraft berdasarkan bahan utamanya, yaitu si Keju Asli dari New Zealand.  Meski di buat di Indonesia, Kraft menghadirkan bahan olahan susu yang kental diambil dari susu sapi asli alami yang disesuakan dengan sistem dan penggembalaan sapi di New Zealand. Diambil dari sumber Fimela.com, Dr. Jonathan Austin bicara soal keunggulan susu sapi dari hasil sistem penggembalaan dan kesehatan sapi di New Zealand, yakni penggunaan antibiotik yang rendah dan tanah pertanian yang mempertahankan tingkat karbon tanah yang tinggi sehingga makanan yang dikonsumsi sapi akan menghasilkan jejak karbon yang lebih rendah juga agar hasil susu menjadi lebih baik. 
si Keju Asli dari New Zealand 
  • Lihat kemasan Keju Cheddar Kraft. Keju Cheddar Kraft asli pasti dilengkapi nutrisi Calcimilk yang kaya akan kalsium, protein, dan Vitamin D.
 Keju Cheddar Kraft Kaya Kandungan 

  • Bunda juga harus mencermati informasi yang tertera pada kemasan produk. Ini penting bunda! karena ibu cermat adalah ibu hebat yang bisa diandalkan oleh keluarga. Gak mau kan klo si buah hati mengkonsumsi keju yang tidak memberikan manfaat bagi tubuh? Jadi, bunda bisa pastiin klo kemasan Keju Cheddar Kraft asli selalu memberikan informasi nilai gizi. Tabel di kemasan ini menjelaskan banyak keunggulan yang terkandung dalam Keju Cheddar Kraft seperti takaran gizi dan nutrisi yang disajikan sehingga akan memudahkan bunda untuk memastikan manfaat si keju cheddar.
Informasi Nilai Gizi

Deskirpsi tabel menjelaskan takaran per sajian (20g) dan merujuk pada persentase AKG kebutuhan energi 2150 kkal. Keju Cheddar Kraft mengandung energi 60 kkal, Lemak Total 5g (7%), Lemak Jenuh 3g (14%), dan Garam (natrium 290mg, 19%). Dengan kata lain bisa diasumsikan bahwa bila mengonsumsi 20 gr Keju Cheddar Kraft yang mengandung 10% kalsium, sumber vitamin D 8%, dan protein 8% maka asupan kalsium harian buah hati bunda sudah terpenuhi sebanyak 30%.  

Kandungan Nutrisi

  • Selanjutnya, cobain dech rasa lezat, gurih keju yang khas tanpa perisa tambahan pada produk Keju Cheddar Kraft yang sudah dibeli pada sajian buah hati bunda. Meski dengan sajian camilan sederhana yang dicampur dengan keju cheddar Kraft, pasti kandungan gizi/nutrisi, manfaat bagi tubuh, dan rasa lezatnya dapet semua 😊. 

Olahan Camilan  Keju Cheddar Kraft




 

18 komentar:

  1. Detail bangett penjelasannya. Sangat membantu buat yg bingung cari-cari keju yg baik dan berkualitas. Informatif sekalii😍

    BalasHapus
  2. wahhh, sangat kreatif sejak dini si aisyah ya bund

    BalasHapus
  3. Thank you for sharing.. Good luck, Aisyah..

    BalasHapus
  4. apapun camilannya ditambahkan keju cheddar tambah mantap ya mbak

    BalasHapus
  5. duh liat gambar-gambar makanan pagi2...jadi lafaar...keju..mana keju,..hehe

    BalasHapus
  6. Jadi inget, dulu waktu anak saya susah makan, yang tetep disuka makaroni yang ditabur keju banyak-banyak.. Hmmmm.. 😊

    BalasHapus
  7. wah....mbak keren ngt ponakannya bisa masak sendri, wong gak susah kok ya mbak, apalagi pakai keju cetar membahenol,eh...keju cheddar maksdnya, heheheh....mantaf deh mbak, mantaff...saya coba ah...πŸ˜€πŸ˜€

    BalasHapus
  8. wah....keren bgt mbak ponakannya, bisa masak sendri. wong gak susah kok ya apalagi pakek keju cettar, eh cheddar...makin wuenakkk pastinya, pingin nyoba nih, makasih ya mbak 😊😊

    BalasHapus
  9. Duh, jadi ngiler liat sajian ala produk Keju Cheddar Kraft. Aisyah-nya pinter bangets, sih, Mba. Jadi ibu emang kudu pinter menyiasati agar kebutuhan anak terpenuhi, ya.

    BalasHapus
  10. Aisyah pinter banget sih. Ngiler deh tante, artikelnya informatif dan mengalir sekali mba. Salam buat Aisyah yang cantik dan pinter πŸ’—

    BalasHapus
  11. Keren Aisyah.. Keju Kraft memang mudah diolah

    BalasHapus
  12. Keren banget Aisyah bisa masak cemilan sendiri. Emang keju cheddar itu nggak ada matinya untuk dibuat beragam jenis masakan. Nggak ada yang nggak enak kalo udah pake keju.

    BalasHapus
  13. Ibu pintar pasti milih keju cheddar ya mba ❤

    BalasHapus
  14. Yes Mbak.. Penjelasannua sangat detil. Keju kraft lebih dulu krluarga saya kenal dibandingkan yang lain.

    BalasHapus
  15. Bikkn cemilan makin enak kalau ditambah keju kraft ya. Saya juga pakai kraft Cheddar karena dominan keju, kalsiumnya tinggi, dan mudah dibeli di minimarket.

    BalasHapus
  16. KRAFT Cheddar emang gak usah diragukan lagi kualitasnya ya, udah pasti #KejuAsliCheck saya sekeluarga juga konsumsi nih tiap hari

    BalasHapus

BERGURU DARI PAKAR PEDADOGI SEKOLAH

Pentingnya mengenal diri sendiri dan peran keluarga dalam berkarya menjadi salah satu penyebab keberhasilan seseorang dalam dunia pendidika...

Popular Posts