Kamis, 09 Desember 2021

MENGENAL SI RAJA INFORMASI

 

Siapa Raja Informasi


Setelah mengajar materi pengenalan bahasa Inggris bidang komputer, saya berpikir untuk menuangkan sedikit istilah bahasa Inggris komputer kedalam tulisan ini. Bukan sekedar iseng yach, tapi untuk mengasah keterampilan menulis dan tulisan ini juga ditujukkan untuk mahasiswa saya, umum, dan terutama untuk Sahabat Hosting dan Hosting Murah.

Materi yang disampaikan di kelas sebenarnya dasar banget bagi mahasiswa yang berada di prodi Sistem Informasi dan Tehnik Komputer, karena mereka sudah tentu paham dengan istilah Website, system, infrastruktur, dan penggunaanya. Namun, berbicara dan memahami materi yang disampaikan menggunakan bahasa lingua franca tentu berbeda. Apalagi terkait makna kosakata bahasa Inggris komputer yang diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia. Pengalaman inilah yang membuat saya tertarik untuk membahas materi Website dan fungsinya dengan tema “Website Sebagai Aset Digital Professional”.

Ada beberapa yang perlu kita ketahui tentang keunggulan Website sebagai alat istimewa yang diakui oleh kaum generasi milenial dan terkenal dengan sebutan pelopor layanan raja informasi ini. Kalian pasti setuju klo Website sudah tidak asing lagi digunakan oleh anak jaman now. Biasanya mereka mencari informasi di mbah google ataupun search engine yang lain.

Oke, sebelum beranjak mengenal kegunaan Website. Sejenak, mari kita kembali ke masa lalu untuk mengenal pendiri Website. Hal ini penting karena pepatah lama mengatakan, “Tak kenal maka tak sayang”. Begitulah istilah ketika kita hendak berkenalan dengan seseorang. Lalu, siapa sich pencipta Website? Anda pasti bisa menjawab cepat ya!Mmmm...Benar sekaliπŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘. Dialah Tim Berners-Lee berasal dari Inggris dan seorang ilmuwan hebat. Dia menciptakan World Wide Web pada bulan Maret di tahun 1989. Sekarang hasil ciptaanya sering disebut juga dengan singkatan WWW dan Web atau Website.    

Aset Digital Website

Ada banyak kegunaan dari Website diantaranya adalah dapat menyimpan dan membagi informasi berupa teks, gambar, video, dan lainya pada laman URis dan HTTP sebagai protokol utama yang dapat menyajikan bentuk informasi dalam hyperlink. Website ini termasuk bagian dari layanan yang disajikan oleh internet atau networking. Fungsi Website yang paling menonjol adalah sebagai alat digital professional. 

Kenapa disebut sebagai alat digital? Karena setelah adanya penemuan komputer sejak tahun 1613 dan berkembang dalam teknologi komunikasi yang komprehensif, kuat, dan canggih hingga saat ini (Grover et al., 2019; Shareef et al., 2020), kita sebagai manusia lebih tertarik memilih sesuatu yang mudah untuk membantu pekerjaan dan kegiatan kita sehari-hari. Seperti menggunakan mesin otomatis dibandingkan alat manual layaknya calculator untuk menghitung, mesin ketik sejenis typowriter atau enigma untuk mengirimkan pesan teks ataupun tulisan rahasia, dan seperti alat manual lain. Mesin otomatis yang ada di dalam komputer tentunya menggunakan System Computation

Dengan bantuan oprasi komputer melalui System Computation ataupun dengan tambahan bantuan Operating System, kecanggihan komputer untuk membaca format, instruksi, operasi dalam bentuk human readable form tentu saja dapat merubah analog menjadi bentuk digital. Lalu dimana letak profesionalisme alat ini? Baiklah, keprofessionalan website dapat dilihat dari banyaknya user yang memanfaatkan dan mengoprasikan feature di dalam Web sebagai aset digital. Entah itu digunakan untuk bidang ekonomi, pendidikan, karir ataupun pekerjaan, dan lain sebagainya. Intinya sih Website memiliki nilai manfaat tidak hanya dari segi materil melainkan juga pengetahuan bagi user.  

User menggunakan Web yang dapat dijadikan aset yang bernilai ini pada dasarnya dapat dilihat dari keunggulan halaman pada website yang terdiri dari banyak feature. Website menggandeng beberapa feature komunikasi digital berupa social media seperti facebook, twitter, flicker, instagram, dan digital platform lainnya. Feature tersebut mempermudah komunikasi lewat Social Network yang saling terkoneksi dan menyebarkan informasi. 

Banyak tokoh terkenal memanfaatkan Website dan digunakan oleh user di dunia Web, sebut saja si pembuat facebook Mark Elliot Zuckerberg, Kevin Systrom si pembuat instagram, Jack Dorsey beserta Biz Stone, Evan Williams, dan Noah Glass yang mendirikan Twitter,  Ludicorp mengembangkan Flickr, Jorn Barger si pencipta Blog, dan masih banyak lagi social media yang bekerja dalam Website.

Jadi bisa dikatakan klo Website itu termasuk kedalam aset digital professional yang diisi dengan  banyak informasi (bisnis, pendidikan, kesehatan, lingkungan, budaya, teknologi, dan segudang informasi lain), ditampilkan di laman-laman Web, dan dapat ditelusuri langsung melalui search engine. Sehingga, Website menjadi pelopor layanan yang menyediakan komunikasi digital yang dapat digunakan oleh seluruh lapisan baik dari segi usia, jenis kelamin,  bidang, dan lainnya. Aset yang bernilai dengan tujuan seperti menghasilkan cuan banyak digunakan oleh user di dalam dunia internet dan semakin memperluas era perkembangan digital (Salamoon, 2013). Tengok saja grafik yang saya dapatkan dari Katadata ini, betapa tingginya pengguna social media di seluruh dunia ya guys!  

Jumlah Media Sosial di Dunia  
 

English Vocabs: 

  1. Digital Platform:  Sarana berbagi informasi melalui layanan media digital internet yang mencakup media sosial seperti facebook, twitter, dan lainnya. 
  2. Enigma              : Mesin ketik untuk mengirimkan pesan rahasia digunakan pada abad 20 oleh angakatan Militer US.
  3. Features               : Fitur, Ciri, Karakteristik ataupun kemampuan yang disajikan Web
  4. Human Readable Form: Bentuk yang dapat dibaca oleh manusia
  5. HTTP                 : (Hypertext Transfer Protocol) protokol utama dalam Web
  6. Hyperlink         : Lompatan berupa link yang dapat menghubungkan halaman-halaman  dalam Web
  7. Lingua Franca    : Bahasa Internasional, khususnya bahasa Inggris.
  8. Search Engine    : Mesin pencari informasi seperti Google, Modzila, Internet Explorer, dst.
  9. Networking        : (Internetworked/Networks)  Jaringan dalam internet
  10. Operating System:  Sistem pengoprasian yang ada pada komputer
  11. Social Network  : Jejaring sosial
  12. System Computation: Sistem di dalam komputer yang digunakan untuk mengoprasikan perintah-perintah tertentu.
  13. URis                 : (Uniform Resource Identifiers) yang bertujuan untuk mengidentifikasi layanan, server, database, dan sumber yang tersedia di Web
  14. User                   : Pengguna/pemakai internet atau website

 Baca Juga: Cara mudah menghasilkan uang di rumah

Referensi:

Grover et al., 2019 - Grover, P., Kar, A. K., Dwivedi, Y. K., & Janssen, M. (2019). Polarization and acculturation in US Election 2016 outcomes – Can twitter analytics predict changes in voting preferences. Technological Forecasting and Social Change, 145, 438–460. 

Salamoon, 2013 - Salamoon, D. K. (2013, December 14). Instagram, Ketika Foto Menjadi Mediator Komunikasi Lintas Budaya Di Dunia Maya. Isu Kontemporer Dalam Kajian Media Dan Komunikasi Profesional, SURABAYA - INDONESIA.

Pardosi Mico, 2005. Belajar Sendiri Kamus Komputer (Standard). Surabaya-Indah Surabaya.


 

 

21 komentar:

  1. great sangat bermanfaat info nya

    BalasHapus
  2. Bagus sekali menambah wawasan, sangat berterima kasih kepada sodara Wulan terus berkarya πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah.smg bermanfaat sharing sedikit ilmunya

      Hapus
  3. Bermanfaat sekali ilmunya ibu...

    BalasHapus
  4. Terimakasih share ilmu nya lan..

    BalasHapus
  5. Nambah wawasan lagi nih, memang blog walking bikin kecanduan ilmu ya mba, apalagi yg awam kayak saya🀭

    BalasHapus
    Balasan
    1. menyelam samnil minum air mba..termasuk sy belajar dan terus belajar. semangat

      Hapus
  6. Wah ... wah saya berasa sedang kuliah jurusan Sistem Informasi dan Teknik Informatika ini Mbak. Bermanfaat banget terlebih buat saya gaptek. Banyak ilmu yang di dapat dari artikel ini. Thanks for the info πŸ‘πŸΌ

    BalasHapus
    Balasan
    1. sy hanya sharing sedikit ilmu, mba. semoga bermanfaat.

      Hapus
  7. hihi...iyaa yaa...betul...betul...BW bikin kita nyandu, karena nambah wawasan, dari tidak tau menjedi tau. worl wide web, lahir tahun 1989, berarti masih tua an saya kalo gitu. hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heee. setuju bgt mba. Truly sih WWW ini sdh dirancang sejak 1980an..terus makin dikembangkan dengan adanya http, url, dan kawan-kawannya. CMIIW

      Hapus
  8. Aset digital emang penting banget di zaman serba digital ini, ya, Mba. Baca artikel ini jadi nambah tahu banget lo Mba buat saya yang awam ini. Saya suka pelajaran berhubungan dengan teknologi.

    BalasHapus
  9. Jadi ingat, zaman dulu kalau cari bahan kuliah harus ke perpustakaan, ambil banyak buku tebal-tebal, lamaaaaa..
    Sekarang tinggal cus menuju mesin pencarian.. Hemat waktu dan tenaga.. 🀭

    BalasHapus
  10. Makin rajin baca dan nambah pengetahuan mb makasih sharingnya

    BalasHapus
  11. keren sih sm org" yg berbagi pengetahuan gini, semoga ilmunya menjadi ladang pahala yg tidak terputus

    BalasHapus
  12. Sangat menambah wawasan walaupun saya anak akuntansi hehehe, thank you for sharing Miss Wulan

    BalasHapus

BERGURU DARI PAKAR PEDADOGI SEKOLAH

Pentingnya mengenal diri sendiri dan peran keluarga dalam berkarya menjadi salah satu penyebab keberhasilan seseorang dalam dunia pendidika...

Popular Posts