Senin, 06 Desember 2021

Review: How to Grow Your Blog with Creative Writing

Pernah bingung dan merasa sulit untuk membuat tulisan? Apalagi kalo kita jarang bergelut dengan dunia tulisan. Saya mengakui hal ini juga lho. Kendati demikian, jangan khawatir sobat blogger. Sebagai pemula, kita bisa belajar untuk menentukan apa yang akan kita tulis. Pada kesempatan ini, saya ingin berbagi ilmu terkait materi yang disampaikan oleh Widyanti Yuliandari melalui aplikasi zoom meeting pada tanggal 05 Desember 2021 dan diselenggarakan oleh Sobat Hosting.

 Brosur dan Acara

Sebelum melangkah, yuk kita berkenalan dengan tiga struktur tulisan dalam blog:

1.      OPENING

Untuk membuat opening yang memikat, kita bisa melakukannya dengan cara menyajikan tulisan yang membuat pembaca rileks. Di opening ini, kita biasa mengucapkan kalimat dalam bentuk quote, melampirkan data statistik, mengisahkan kejadian aktual yang menarik perhatian, berisikan fakta terkait tema, menulis percakapan, curcol, dan kisah rekaan.

 2.      ISI

Konten tulisan harus sesuai dengan topik yang akan dibahas. Tentunya, kita perlu memperhatikan poin apa yang akan kita tulis. Bagaimana caranya agar topik sesuai dengan passion dan goal?

  • Langkah yang paling utama adalah cobalah berfikir untuk menentukan tema/topic/ide/sharing/curcol yang sesuai dengan tujuan kita membuat blog sehingga tulisan blog kita akan berguna bagi karir saat ini dan di masa depan.
  • Selain itu, kita bisa mempertimbangkan sesuatu hal yang mudah untuk dituliskan dalam menentukkan topik atau isi tulisan di blog, seperti menulis Tips/ How to step by step tutorial/ DIY, Opini, Review, Resep, Liputan, Interview, Behind the scene, Perbandingan produk, Giveaway, Guestpost, Post bersama, dan lain sebagainya.
  •  Kemudian kita juga bisa menyesuaikan tulisan berdasarkan gaya bahasa penulisan yang tidak baku, longgar, dan fleksibel. Dengan penggunaan gaya bahasa yang luwes akan membuat tulisan kita unik.
  • Usahakan agar isi tulisan di blog yang akan kita tulis menjunjung tinggi kejujuran, kepantasan, dan menghindari plagiasi.
  •  Setelah tiga kriteria penting tersebut dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah membaca buku, membuka tulisan ataupun artikel melalui browsing di internet, mengikuti polling/ survey sederhana di media sosial sehingga apa yang kita tulis akan menambah keunikan dan bernilai. Tidak lupa pula untuk mengikuti forum-forum/grup/komunitas yang sesuai dengan tema yang akan kita tulis.

Semua hal tersebut harus kita tekuni dan tetap berusaha untuk berkomitmen dalam menulis ya sobat blogger😊😊😊.

  3.       CLOSING

Bagian penutup harus terlihat sempurna. Kita bisa menulisakan kesimpulan di akhir tulisan dengan menguatkan pesan, mengajak pembaca melakukan sesuatu, dan memberikan kesan yang menarik.

Baca Juga:  Review membuat blog dasar bersama PCW

Lalu bagaimana caranya ya untuk menumbuhkan kreatifitas menulis?

Kreatifitas menulis dapat tumbuh jika kita memperhatikan beberapa indikator berikut:

1.  Tentukan indikator kualitas tulisan yang baik berdasarkan kemampuan dari apa yang dipelajari, didapatkan, dan dipraktekkan. Misalkan, kita mengikuti lomba blog yang bertujuan untuk menguji kualitas tulisan kita.

2.  Indikator traffic dan sejumlah parameter lain, seperti menjadi parameter bagi blog yang lain.

3.   Income.

Kita bisa membuat tulisan yang dapat bernilai dan menghasilkan cuan. Tentu saja langkah ini harus disesuaikan dengan tujuan ngeblog agar menarik pastinya.

4.   Diversifikasi produk atau jasa.

5.   Perluasan peran

Dengan menulis, maka topik yang kita tulis akan dibaca orang. Indikator ini dapat menunjukkan bahwa kita berperan mempengaruhi, mempromosikan, mengajak, berpartisipasi, menginformasi, dan tentunya akan bermanfaat bagi orang lain.

6.  Selalu ada hal yang baru yang dipelajari dengan cara tetap konsisten menulis di blog dengan cara belajar dari hasil membaca dan menganalisisnya, belajar dari orang lain (melalui grup, komunitas, seminar, workshop, dst), dan memiliki kepekaan (baik terkait isu-isu, peristiwa, fenomena, dan lain sebagainya) yang dapat dijadikan bahan tulisan sehingga ide pada tulisan mudah berkembang.

Mudah ya sobat blogger πŸ˜ƒ. Sobat pasti sering dengar slogan berikut, “Practice Makes Perfect". Kalau begitu, selamat mencoba πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ.

 

8 komentar:

  1. Alhamdulilllah ada sesi keren ini dari Sahabat Hosting, ya, Mba. Semoga kita bisa seperti kata Mba Wid, bertumbuh dengan blog :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iy betul bgt Kak Sylviany. Sangat berharap bs seperti mba Wid yang bs bertumbuh dengan blog...semoga

      Hapus
  2. Alhamdulillah makasih mb,kebetulan pas zoom kemarin tdk bisa ikut jadi bersyukur sekali mb Wulan merangkumnya di sini. Makasih mb Wulan. Terus berbagi manfaat ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 Mba, masih belajar ngelmu dasar..belajar menulis, belajar dan terus belajar. Semangat.

      Hapus
  3. Alhamdullilah sangat bermanfaat sekali miss :)

    BalasHapus
  4. Wah, bagus ini ada rangkumannya ...

    BalasHapus
  5. terima kasih rangkumannya mbak, sy ketinggalan sesi ini

    BalasHapus

BERGURU DARI PAKAR PEDADOGI SEKOLAH

Pentingnya mengenal diri sendiri dan peran keluarga dalam berkarya menjadi salah satu penyebab keberhasilan seseorang dalam dunia pendidika...

Popular Posts