Senin, 03 Januari 2022

Sekilas Tentang Sisiter Fillah: Realitas Perempuan dalam Keseharian

 

  Sister Fillah   

Buku antologi yang berjudul Sister Fillah: Realitas Perempuan dalam Keseharian merupakan kumpulan cerita pendek yang banyak diambil dari pendapat, intisari kehidupan, cerita rekaan, dan kisah nyata para penulis. Kisah relita kehidupan sehari-hari para perempuan hebat ini, patut untuk dibaca karena isi cerita sarat akan nilai-nilai kehidupan, banyak pesan moral yang akan menggugah jiwa para pembaca, dan cerita yang membangkitkan semangat untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Selain itu, cerpen ini juga berisikan nasihat yang bermanfaat dari para penulis di akhir setiap judul cerita dan bisa dipraktekkan langsung oleh para pembaca yang budiman. 

15 judul yang dibukukan menjadi satu karya cerita pendek penuh inspirasi ini diantaranya:

1. Pergeseran Makna Hijab di Zaman Milenial

2. Mencintai Kehilangan

3. Nabung Umrah Bersama Sister Fillah

4. Jejak Langkah dalam Doa

5. My Religion is Full of Kindness

6. Strong Women

7. Brand Your Self Muslimah

8. Persahabatan di Kala Senja

9. I am who I Make Friend With

10. Jilbab Bukan Masalah Khilafiah

11. Perempuan Tangguh

12. Harapan yang Tak Sampai

13. Friends to Heaven

14. I Hate My Sister

15. Sulung Perempuan dari Generasi Sandwich

    Semua judul cerpen di atas sangat menarik dibaca. Bagi saya yang telah membacanya, ada kesan yang memberkas di hati. Kesan setelah membaca cerpen ini adalah ketika pengalaman si tokoh masuk dan mengajak pembaca seakan-akan mengalami hal yang sama dalam kehidupanya ataupun si pembaca sekaan jadi tokoh dalam cerita. Cerita yang dikisahkan memang real banget meski gak semua berisikan kisah nyata. Apalagi ada masalah yang ditampilkan dan dihadapi oleh para tokoh cerita, mmmm…bisa dibilang, seolah-olah saya sebagai pembaca adalah orang yang dikisahkan dalam cerita yang punya sekelumit masalah yang harus diselesaikan. Ya meski saya sendiri adalah tokoh asli di salah satu judul cerpen ini, 😅😁😊 saya merasakan klo cerpen saya dan para penulis lain bisa saling bertukar peran dan berbagi pengalaman sehingga kumpulan cerpen ini jadi sebuah karya yang mengupas tentang perempuan baik dengan pakaiannya dan hijab, masalah, pendapat, dan keseharian perempuan dalam kehidupan yang pastinya dapat dijadikan sebuah renungan bagi para pembaca yang budiman. 

    Banyak pesan moral yang disampaikan oleh penulis dalam karya ini, seperti alangkah baiknya mengenal hijab dan memahaminya dengan benar, kita harus mencintai seseorang dengan tulus dan setia dalam ikatan pernikahan, tips menabuang agar bisa umroh, jadilah hamba yang selalu bersyukur, selalu ada jalan kebaikan dari masalah yang dihadapi asalkan kita taat kepada Allah,  perempuan yang hebat adalah inspirasi bagi diri sendiri dan orang lain, berhijablah dengan ilmu, nasihat terbaik seorang sahabat adalah pada kebaikan,  hati-hati dalam berteman dan pililah teman yang sholeh, hendaklah berhijab bagi seorang muslimah, jadilah perempuan yang berpendidikan, bersahabat karena Allah, tidak semua yang buruk itu baik di mata Allah, dan jadilah anak sholeh bagi kedua orang tua. 

    Selain itu, ada tiga judul yang bikin saya terkesan dan suka banget dengan judul ini “Persahabatan di Kala Senja, I Hate My Sister, dan Si Sulung Perempuan dari Generasi Sandwich”. Ketiga cerita tersebut memiliki alur yang berbeda dan cara penyampaiannya unik, seperti dibuat penasaran klo gak baca sampai habis.

    Lalu, cerita yang paling saya sukai adalah karya Keti Purnamasari dengan judul “Si Sulung Perempuan dari Generasi Sandwich”. Sang penulis menceritkan kisah kehidupan pribadi dan keluarganya yang dikemas dalam bentuk makanan sandwitch. Kepiawaian sang penulis menuangkan kisah kehidupan layaknya ‘Sandwitch’ menyadarkan saya sebagai pembaca sampai saya sendiri manggut-manggut kepala alias menyadari apa yang dilakukan oleh sang penulis dengan hatinya yang penuh ketulusan, tentulah benar. Hal yang ditonjolkan dalam buku ini adalah semua perempuan di dalam cerpen ini istiqomah di jalan Allah dalam melakukan kegiatan sehari-hari mereka. Oleh karena itu, buku antologi ini bisa dibaca oleh semua kalangan. Jadi saya berikan angka 9 dan bintang 4 untuk buku ini. Heeeee.

    Penasarkan kan dengan apa yang saya ulas ini? Langsung saja beli bukunya selagi ada paket promo beli murah dapet 2 buku. Setelah membeli pastikan membaca hingga selesai y. Semoga bermanfaat, Wassalam. 

 

Paket Buku PCW
                                Sumber foto dokumentasi grup PCW

 

Baca Juga: Cara menghasilkan dolar di rumah

20 komentar:

  1. Bagus sekali and bermanfaat

    BalasHapus
  2. MashaAllah sangat bermanfaat sekaki. Terimakasih ibu.

    BalasHapus
  3. Buku yang sangat bagus dengan kisah inspiratif tentang wanita Indonesia modern yang berpendidikan dan muslimah.

    BalasHapus
  4. hmm menarik ya buat yang ingin menjadi wanita muslimah

    BalasHapus
  5. Hemm menarikk 🥰🥰

    BalasHapus
  6. Keren Kak.
    Sukses selalu untuk semua penulis yang tergabung di buku ini.

    BalasHapus
  7. Buku yang bisa membawa jiwa pembaca seakan jadi tokoh dalam cerita adalah luar biasa, layak menjadi bacaan wajib

    BalasHapus
  8. Buku-buku antologi PCW selalu keren dan sangat amat menginspirasi. Kita ga pernah tahu tulisan mana yang bisa mengubah cara pikir seseorang dengan membaca☺️Ganbatte!

    BalasHapus
  9. Perempuan dan kisahnya memang selalu mnenarik untuk dituturkan. mungkin karena wanita adalah sosok yang multi talent, ya. Piawai dalam memegang berbagai peran. thankyou mba for sharing.

    BalasHapus
  10. Kalau berkisah tentang keseharian perempuan, kayaknya nggak ada habisnya ya, Mbak. Tinggal kita bisa memetik hikmahnya buat dijadikan inspirasi atau lewat begitu saja..
    Sukses buat para penulisnya..

    BalasHapus
  11. Masya Allah keren sekali kak. Membuat cara pandang seorang muslimah untuk terus berbuat kebaikan.

    BalasHapus
  12. sy kok tertarik dengan cerita si sulung generasi sandwich, sesama anak sulung hehehe

    BalasHapus
  13. kisah-kisah seperti ini memang luar biasa ya mbak, jadi seorang muslimah yang benar-benar muslimah juga gak mudah, namun sepertinya buku ini berhasil menarik perhatian pembaca, termasuk saya. Semoga ada rezeki saya buat beli bukunya ya mbak, aamiin.

    BalasHapus
  14. Duh, nge-push energi banget, nih, buku, ya, Mba. Beragam masalah jadi terpecah saat kita belajar dari banyak pengalaman.

    BalasHapus

BERGURU DARI PAKAR PEDADOGI SEKOLAH

Pentingnya mengenal diri sendiri dan peran keluarga dalam berkarya menjadi salah satu penyebab keberhasilan seseorang dalam dunia pendidika...

Popular Posts